Monday, January 6, 2020

ANALISA E-BISNIS PADA GOJEK

  Tam       Monday, January 6, 2020


Halo Guys! Lama tak jumpa~.
Kali ini saya akan membahas tentang e-bisnis pada perusahaan Gojek.

A. Profil Gojek

Gojek merupakan perusahaan penyedia jasa layanan transpotasi dengan layanan berbasis mobile. Gojek didirikan oleh Nadiem Makarim dan Michaelangelo Moran dan mulai beroperasi di Jakarta sejak tahun 2011. Gojek menghubungkan antara pengguna jasa dengan pengendara ojek melalui aplikasi Gojek yang dapat diakses melalui smartphone. Para pelanggan cukup mengunduh aplikasi tersebut dan memesan lewat ponsel. Dengan aplikasi tersebut, konsumen dapat mengetahui kisaran tarif yang harus dibayar, dan juga bisa melacak keberadaan ojek yang dipesan melalui GPS yang ada di aplikasi ataupun menghubunginya langsung. Kegiatan Gojek bertumpu pada tiga nilai pokok yaitu kecepatan (melayani dengan cepat, serta akan terus berkembang dan belajar dari pengalaman), inovasi (terus berkarya untuk memperbaiki layanan kami untuk senantiasa memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna), dan dampak sosial (konsisten dalam menciptakan dampak sosial positif kepada seluruh pengguna Gojek).
Go-Jek mengembangkan satu jenis E-Commerce, yaitu Business to Customer yang dilakukan dengan personal online booking. Fitur E-Commerce pada Go-Jek sangat lengkap bila dibandingkan dengan fitur E-Commerce dari moda transportasi lainnya. Go-Jek menawarkan E-Commerce terpadu yang memungkinkan calon atau penumpang Go-Jek untuk menggunakan Jasa kurir, Jasa transportasi, Jasa delivery makanan dan Jasa belanja. Fitur Go-Jek yang menarik adalah penumpang bisa menggunakan Credit Go-Jek dalam setiap transaksinya jadi lebih paktis dan yang tak kalah menarik adalah penumpang dapat memberikan rating dan saran untuk Driver Go-Jek

B. Fasilitas Gojek

Go-Ride
Layanan transportasi sepeda motor yang dapat mengantar Anda ke berbagai tempat, lebih mudah dan lebih cepat.
Go-Car
Layanan transportasi menggunakan mobil untuk mengantar Anda kemanapun dengan nyaman.
Go-Food
Layanan pesan antar makanan nomor 1 di Indonesia. Gojek memiliki lebih dari 30.000 daftar restoran
Go-Send
Layanan kurir instan yang dapat Anda gunakan untuk mengirim surat dan barang dalam waktu 60 menit.
G0-Mart
Layanan yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja ribuan jenis barang dari berbagai macam toko.
Go-Box
Layanan pindah barang ukuran besar menggunakan truk bak.
Go-Massage
Layanan jasa pijat kesehatan profesional langsung ke rumah Anda.
Go-Clean
Layanan jasa kebersihan profesional untuk membersihkan kamar kos, rumah dan kantor Anda.
Go-Glam
Layanan jasa perawatan kecantikan untuk manicure-pedicure, cream bath, waxing, dan lainnya langsung ke rumah Anda.
Go-Tix
Layanan informasi acara dengan akses pembelian dan pengantaran tiket langsung ke tangan Anda.
Go-Busway
Layanan untuk memonitor jadwal layanan bus TransJakarta dan memesan GO-RIDE untuk mengantar Anda ke sana.
Go-Pay
Layanan dompet virtual untuk transaksi Anda di dalam aplikasi Gojek..
Go-Med
Layanan terintegrasi untuk membeli obat-obatan, vitamin dan kebutuhan medis lainnya dari apotek berlisensi.
Go-Auto
Layanan auto care, auto service, dan towing & emergency untuk memenuhi kebutuhan otomotif Anda.
Go-Pulsa
Layanan pengisian pulsa langsung dari aplikasi GOJEK dengan menggunakan GO-PAY.

C. Segi Organisasi PT.GOJEK

Gojek tidak perlu menyediakan motor untuk para tukang Gojek, naum perusahaan taksi harus menyediakan mobil, pangkalan untuk tempat mobil-, harus menyediakan spare part, teknisi, montir, dan lain sebagainya, sedangkan  Gojek tidak, Gojek hanya menyediakan seragam dan helm untuk para driver.
Pola bagaimana Gojek beroperasi merupakan sebuah bentuk organisasi virtual yang memiliki ciri-ciri highly centralized dimana para driver tersebut tidak mengatur keputusan strategis mengenai Gojek dan memiliki departementalisasi yang sangat sedikit. Ciri lain dari organisasi virtual terletak pada outsourcing dimana hanya ada sekumpulan orang saja yang melakukan pengambilan keputusan secara strategis, dan memberdayakan pihak lain melalui sebuah mekanisme kerjasama dengan pihak ketiga untuk menjalankan pekerjaan-pekerjaan yang sifatnya supporting.

Sistem Informasi Gojek  :

Executice Information Systems
Direktur Utama :
Memimpin perusahaan dengan membuat kebijakan-kebijakan perusahaan.

Analisa :
Dalam EIS, eksekutif Gojek memanfaatkan sistem informasi untuk menentukan kebijakan bagi peningkatan keseluruhan perusahaan, seperti Penawaran Saham Perdana atau IPO agar potensi pertumbuhan lebih cepat, menjalin kerjasama dengan perusahaan lainnya, serta menganalisa kompetitor dan membuat kebijakan agar dapat bersaing.

Decision Support Systems
Wakil Direktur :
Membantu Direktur Utama menjalankan tugasnya.

Analisa :
Data khusus dalam sistem informasi yang didapat dari pengumpulan data sebelumnya menjadi acuan manajer Gojek sebagai bahan keputusan untuk memusatkan atau mengekspansi usaha, penentuan dan rekruitmen driver atau suksesor layanan baru, serta pengembangan layanan.

Management Information Systems
Menetapkan sasaran, mengorganisasi, memberi motivasi dan berkomunikasi, mengembangkan SDM.

Analisa :
Laporan data, Monitoring layanan dan Customer relationship management, adalah bentuk sistem informasi pada Gojek yang memudahkan pihak manajemen mendapatkan data khusus, misal statistik dan data pemesanan dan transaksi dari user, ataupun kinerja dari driver atau suksesor layanan lainnya.

Transaction Processing Systems
Karyawan Bidang IT (Programming) : Melakukan development program.
Karyawan Bidang (Web) : Melakukan development Web.

Analisa :
Sistem pembayaran Gojek masuk ke dalam Transaction Processing System, dimana sistem informasi berfungsi sebagai pengatur alur keluar masuknya transaksi yang terjadi di gojek. Transaksi disini termasuk dalam kalkulasi biaya perjalanan, penambahan gojek kredit apa bila pelanggan menambah jumlah depositnya dan juga pengurangan jumlah kredit karena digunakan untuk membayar layanan Gojek. Book order juga termasuk TPS, didalamnya terdapat pengumpulan informasi dari user seperti penentuan lokasi awal dan tujuan, dan form lainnya.

Karyawan Front Office
Customer Service : Memberikan layanan kepada pelanggan.
Administrasi : Melakukan pengelolaan karyawan perusahaan.
Pemasaran : Memasarkan produk.
Karyawan Akuntansi : Mengurusi masalah keuangan.
Karyawan Driver : Sebagai pekerja (driver Gojek).

D. Segi Manajemen PT.GOJEK

Gojek memanfaatkan sarana E-Commerce dalam memasarkan jasa yang dihasilkan perusahaannya. Sarana E-Commerce tersebut digunakan guna memenangkan kompetisi di bidang usaha yang saat ini dilakukan Gojek. Gojek mengembangkan satu jenis E-Commerce, yaitu Business to Costumer yang dilakukan dengan personal online booking.  Gojek menawarkan E-Commerce terpadu yang memungkinkan calon penumpang Gojek untuk menggunakan jasa kurir, transportasi, delivery makanan dan belanja. Fitur Gojek yang menarik adalah penumpang dapat menggunakan Credit Gojek (Gopay) dalam setiap transaksinya, sehingga transaksi menjadi lebih praktis dan juga penumpang dapat memberikan rating dan saran untuk driver Gojek. 

Tujuan Manajemen dari Gojek yaitu :
Perencanaan (Planning) dengan pengadaan jasa bekerjasama dengan perusahaan produsen atau supplier, perencanaan jasa website, perencanaan penjualan, perencanaan distribusi, perencanaan transaksi dan pembelian elektronik: pelayanan keluhan pelanggan.
Pengarahan (Directing) dengan kegiatan pengarahan jenis jasa dan jumlah kerjasama dengan produsen,, pengarahan kegiatan promosi penjualan, pengarahan kegiatan penjualan, pengarahan jumlah dan jenis jasa yang harus didistribusikan, pengarahan jenis transaksi pembelian elektonik yang akan dilakukan: pelayanan keluhan pelanggan.
Pelaksanaan (Acting) dengan kegiatan seperti pelaksanaan pengadaan jasa yang ditawarkan, pelaksanaan penjualan, pelaksanaan distribusi, pelaksanaan pembayaran elektonik oleh pelanggan: pelayanan keluhan pelanggan.
Pemantauan (Monitoring) yaitu pemantauan kerjasama dengan pihak lain, pemantauan proses promosi penjualan jasa, pemantauan penjualan, pemantauan distribusi jasa, pemantauan pembayaran elektronik oleh pelanggan dan juga pemantauan keluhan pelanggan.

E. Segi Teknologi  GOJEK pada E-Bisnis

Teknologi informasi saat ini telah menjadi bagian dari kehidupan masyarakat. Masyarakat mengenal dan merasakan langsung manfaat dari perkembangan teknologi informasi pada kehidupannya. Bisnis adalah salah satu bagian hidup masyarakat yang sangat terpengaruh perubahan teknologi informasi. Teknologi informasi menjadi sangat penting dan berpengaruh terhadap perkembangan suatu industri dalam bisnis. Dalam perkembangan dunia bisnis saat ini, perusahaan dapat tertinggal dari pesaingnya apabila tidak menguasai atau menerapkan teknologi informasi dalam industrinya.

Functional Business System

Gojek menerapkan functional business system yang terbagi dalam lima komponen seperti pada Gambar diatas. Sistem tersebut digunakan untuk memberikan sejumlah informasi yang berhubungan dengan bisnis dalam suatu perusahaan terhadap para stakeholder yang terlibat dalam kegiatan bisnis tersebut. Kelima komponen tersebut dijalankan melalui sebuah sistem terintegrasi yang dimaintenance melalui aplikasi dan software perusahaan.

1. Marketing
Marketing adalah suatu proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasimengenai barang atau jasa dalam kaitannya dengan memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia. Pemasaran dimulai dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian bertumbuh menjadi keinginan manusia. Kegiatan marketing yang dilakukan perusahaan Gojek antara lain:

Customer Relationship Management
CRM merupakan sebuah teknologi informasi untuk menciptakan cross-functional enterprise system yang di dalamnya mengintegrasikan dan mengotomatisasi proses layanan pelanggan dalam bidang penjualan, pemasaran, dan layanan produk atau jasa yang berkaitan dengan perusahaan. 


Customer Life Cycle

Gojek menerapkan strategi sistem informasi marketing melalui tiga tahapan yang disebutcustomer life cycle. Tahapan pertama adalahacquire yaitu mendapatkan pelanggan menggunakan teknik direct marketingyaitu dengan melakukan promosi secara langsung di social media. Tahapan kedua adalah enhance yaitu menambah pelanggan menggunakan teknik cross sell and up sell yaitu bekerja sama dengan para mitra perusahaan yang mau menggunakan layanan Gojek sehingga hal tersebut dapat menambah jumlah pelanggan baru. Tahapan ketiga adalah retain yaitu mempertahankan pelanggan atau loyal customer menggunakan teknik customer support dimana perusahaan menanggapi setiap keluhan dan keinginan konsumen sehingga perusahaan dapat menciptakan loyal customer. 
CRM berkaitan dengan kegiatan penjualan terpadu, marketing dan strategi pelayanan kepada pelanggan. Melalui CRM Gojek menggunakan layanan aplikasi dan website pelanggan yang ada saat ini untuk dapat meningkatan pendapatan perusahaan melalui penjualan jasa layanan, memberikan layanan prima, sekaligus memperkenalkan tata cara transaksi yang telah dibuat perusahaan. CRM Gojek dilakukan untuk membina dan menjaga hubungan baik antara pelanggan dengan pihak manajemen.Pemahaman yang mendalam terhadap pelanggan akan mampu menghasilkan respon yang cepat terhadap perubahan preferensi konsumen sehingga akan mampu meningkatkan pendapatan perusahaan. Untuk mendukung CRM, Gojek senantiasa memberikan frequent-flyer dalam dua bahasa yang berisi tentang informasi-informasi terkini perusahaan kepada pelanggan yang loyal melalui e-mail. Hal ini selain bersifat apresiasi juga bersifat marketing dan pengelolaan loyalitas pelanggan. Kegiatan yang berhubungan dengan CRM pada perusahaan ini adalah dengan penggunaan sistem informasi (website) yang bisa diakses oleh semua kalangan tanpa batas, mulai dari penyediaan informasi perusahaan, produk, forum diskusi antara pelanggan dengan pihak manajemen sampai pada proses pemesanan.

Aplikasi CRM pada perusahaan Gojekantara lain meliputi kegiatan sebagai berikut:
a) Contact and Account Management
Manajemen kontak dan akun pada Gojek Indonesiamenggunakan sistem database, website, email, facebook, Instagram, twitter dan nomertelepon yang sudah tertera di website. Selain itu akun konsumen juga disimpan dalam database yang nantinya akan mempermudah pihak manajemen perusahaan dalam memberikan informasi terbaru yang biasanya diupdate ke email para konsumen.

b) Sales
Untuk melakukan pemesanan jasa Gojek dilakukan via aplikasi yang terhubung melalui internet. Pelanggan memesandengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di smartphone android ataupun ios.

c) Marketing and fulfillment
Pemasaran dan pemenuhan pemesanan jasa dapat dilakukan melalui aplikasi. Selain itu perusahaan juga melakukan promosi di media massa (koran, majalah) maupun elektronik (website, social media, telepon, email,) serta melalui jaringan kemitraan perusahaan.

d) Customer Service and Support
Layanan dan dukungan untuk pelanggan saat ini baru disediakancall centersaja. Seharusnya disediakan juga forum untuk diskusi antara konsumen dengan pihak manajemen perusahaan melalui website

e) Retention and Loyalty Program
Program retensi dan loyalitas yang diterapkan olehGojekadalah dengan memberikan frequent flyer yang berisi mengenai informasi-informasi terkini tentang perusahaan kepada para konsumen yang senantiasa loyal menggunakan jasa perusahaan.

2. Operation
Operation adalah serangkaian kegiatan terpadu yang dilakukan untuk meningkatkan efisiensi kinerja perusahaan sehingga perusahaan dapat mencapai tujuan dari perusahaan tersebut. Serangkaian kegiatan operation yang dilakukan perusahaan Gojek antara lain:

Supply Chain Management
Supply Chain Management merupakan sebuah proses dimana produk diciptakan dan disampaikan kepada konsumen. Berdasarkan perspektif struktural, sebuah Supply Chain Management merujuk padasuatu jaringan yang rumit dari hubungan dimana organisasi mempertahankan dengan partner bisnis untuk memperoleh bahan baku, produksi dan menyampaikannya kepada konsumen (Kalakota 2001). Dalam kasus ini, karena Gojek merupakan sebuah perusahaan jasa, maka Supply Chain Managementyang dilakukan Gojek merupakan suatu konsep manajemen dimana perusahaan berusaha memanfaatkan teknologi internet untuk mengintegrasikan seluruh mitra kerja perusahaan, baik para driver (pekerja), konsumen, dan juga para stakeholder yang berhubungan dalam kegiatan transaksi.

3. Enterprise Resource Planning
Enterprise Resource Planning (ERP) merupakan sebuah sistem informasi perusahaan yang dirancang untuk mengkoordinasikan semua sumber daya, informasi dan aktifitas yang diperlukan perusahaan untuk melaksanakan proses bisnis secara lengkap. Umumnya, sistem ERP didasarkan pada database. Gojek menggunakan software yang terintegrasi dari aplikasi yang digunakan oleh seluruhkonsumen dandriverke dalam satu sistem komputer yang dapat memenuhi semua kebutuhan perusahaan.

4. Finance &Accounting
Sistem akuntansi dari Gojek tersusun dari diantaranya fasilitas order processing yaitu fasilitas yang memungkinkan untuk konsumen melakukan pemesanan jasa, kemudian data yang telah diperoleh dari form yang tertera akan menentukan jumlah pembayaran. Jumlah pembayaran tersebut termasuk ke dalam fasilitas billing yang kemudian akan dibukukan menjadi general ledger. Bukti dari pembayaran yang telah dilakukan oleh konsumen akan tertera pada cash receipt yang kemudian akan terakumulasikan pada general ledger. Pemesanan yang dilakukan oleh konsumen terhadap mitra dari Gojek akan masuk ke dalam sistem cash disbursement-account payable tergantung kepada jenis pembagian untung yang telah disepakati oleh pihak Gojek dan mitra yang bersangkutan. Pembagian keuntungan yang telah masuk ke dalam perjanjian kedua belah pihak akan termasuk ke dalam sistem general ledger Gojek.

Hal yang merupakan perbedaan dari Gojek dan perusahaan pelayanan jasa lainnya terletak pada mekanisme pembayaran upah atau gaji dari driver. Pembagian upah terbagi menjadi 80% yang diberikan kepadadriver dan 20% yang masuk ke dalam keuntungan perusahaan. Upah yang merupakan hak driver dapat diperoleh secara harian atau bulanan tergantung kepada keinginan.      Seluruh arus kas yang telah dicatat di general ledgerakan dituang ke dalam financial reporting.

Accounting System


Dalam menggunakan layanan jasa Gojek konsumen dapat melakukan top-up melalui bank yang telah bekerjasama atau langsung melalui driver gojek dengan minimal jumlah uang yang di top-up sebesar Rp 20.000,-. Selanjutnya uang yang telah masuk akan dicatat kedalam database perusahaan sesuai dengan akun pengguna. Gojek menggunakan aplikasi secararealtime dalam menghitung jumlah argo per transaksinya. Jumlah transaksi yang masuk akan diakumulasikan di dalam database dan secara langsung, uang yang telah di top-up akan terpotong secara otomatis sesuai dengan jumlah nominal transaksi. Selanjutnya, perusahaan akan langsung membagi pendapatan dengan driver sesuai kesepakatan presentase yakni 80% untuk pihak driver dan 20% untuk pihak perusahaan. Hal tersebut dilakukaan karena Gojek tidak menerapkan sistem penggajian bulanan.

5. Routing & Shipping
Routing merupakan proses untuk memilih jalur (path) yang harus dilalui oleh paket untuk dapat sampai ke tujuan dari satu lokasi ke lokasi lain. Sedangkan shipping merupakan proses pengiriman barang secara fisik via darat, laut, atau udara yang membutuhkan proses routing.
Gojek dalam praksisnya sudah menggunakan asas e-business dalam proses shipping dikarenakan dalam proses pemesanan layanan tersebut sudah berbasis teknologi informasi dalam bentuk smartphone. Sehingga konsumen dan pihak perusahaan dapat terintegrasi secara real-time dalam kegiatan transaksi tersebut. Sedangkan dalam prosesrouting tersebut perusahaan menggunakan teknologi GPS (Global Positioning System). Hal tersebut memberikan benefit pada berbagai pihak baik konsumen, driver, maupun perusahaan.

6. Human Resource Management
Human Resource Management merupakan prosedur sistematik untuk mengumpulkan, menyimpan, mempertahankan, menarik, dan menvalidasi data yang dibutuhkan oleh sebuah organisasi tentang sumber daya manusia. Dalam merekrut karyawan Gojek masih menggunakan cara manual, yakni requirementperusahaan masih dilakukan dengan cara menyeleksi CV para pelamar dan diambil apabila sesuai dengan ketentuan dan persyaratan perusahaan. Setelah karyawan diterima barulah Gojek membuat Human Resource Management, yaitu sebuah sistem yang terbagi atasstaffing, training & development dan compensation administration.

Human Resource Management System
Dalam tahap staffing yang pertama adalah employee records yaitu proses pencatatan biodata driver yang telah resmi bekerja di Gojek. Data para driver tersebut akan dimasukkan kedalam database perusahaan. Yang kedua adalahworkforce planning / scheduling merupakan program yang terintegrasi antara perusahaan dan driver melalui aplikasi dimana akan ada jadwal orderan penumpang yang telah masuk akan dikirimkan ke aplikasi yang digunakan oleh driver.
Dalam tahap training & development yang pertama adalah skil assesment yaitu saat pertama kali driver diterima, setelah mengikuti pelatihan mereka akan diberikan test melalui komputer yang berisi pertanyaan tentang tata cara mengemudi, rambu-rambu lalu lintas dan sebagainya. Yang kedua adalah performance evaluation yaitu proses evaluasi para driver melalui saran dan keluhan dari konsumen yang disampaikan melalui email perusahaan.
Dalam tahap compensation administration terdapat payroll control yaitu suatu proses untuk mengetahui apakah gaji karyawan sudah dibayarkan atau belum. Gaji akan diproses dikarenakan ada sistem bagi hasil yang akan di proses pada bagaian accounting & finance. 

7. Commerce & Marketing
Gojek sudah menerapkan sistem e-bussines dalam proses marketingnya. Kegiatan marketing dilakukan dengan memasang flyer di website perusahaan, mitra kerja, social media, dan segala bentuk media elektronik lainnya. Selain itu baru-baru ini Gojek juga memasang video iklan di youtube yang dimana ketika seseorang menekan iklan tersebut maka otomatis akan langsung masuk ke website perusahaan. Berikut contoh flyer yang telah digunakan dalam kegiatan marketing

8. Global Market
Global Market adalah suatu aktivitas pemasaran berskala luas yang terbuka bagi semua pelaku usaha tak terkecuali di pasar dunia. Berdasarkan hasil analisis kelompok, kami menyimpulkan bahwa Gojek masih belum termasuk ke dalam perusahaan yang global. Untuk menciptakan market secara global tentunya harus memiliki product, customers, operations, resources, dan collaboration. Elemen-elemen tersebut memang sudah dimiliki oleh perusahaan Gojek, namun hal yang membatasi elemen tersebut adalah kebutuhan dan keinginan karena kebutuhan dan keinginan suatu negara akan berbeda.

Gojek menawarkan sebuah layanan yang cocok untuk dikembangkan di Indonesia karena menimbang negara Indonesia merupakan negara dengan kepadataan penduduk yang tinggi sehingga hal yang mungkin terjadi di zaman sekarang ini adalah kemacetan. Dengan inovasi tersebut tentunya dapat menjadi sebuah solusi di Indonesia.

Untuk dapat berkompetisi di market yang global, maka Gojek harus melakukan:
Memperluas pangsa pasar dan membangun perusahaan hingga ke luar wilayah indonesia secara paralel
Membentuk tim untuk mengembangkan perusahaan di setiap negara
Mengembangkan aplikasi yang telah dipakai menjadi aplikasi yang dapat digunakan secara global

Dalam memberikan layanan,Gojek memanfaatkan teknologi informasi, antara lain :
1. Teknologi End User
        • Apikasi Smartphone Android
        • Aplikasi Smartphone IOS

2. Teknologi Database
        • Cloud Computing
        • Smartphone Storage

3. API (Application Programing Interface)
        • Google Maps
        • Google Place
        • Apotikantar API

4. Payment
        • Go-Pay (Online Credit)

5. Customer Service
        • Social Media
        • Website
        • Call Center


F. Diagram Analisa Layanan Go-Ride pada Gojek

Diagram Flow Map
Mengilustrasikan alir proses dari pembuatan order pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek

Diagram Usecase
Mengilustrasikan fungsionalitas dan aktor-aktor yang terlibat pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek

Diagram Context
Mengilustrasikan ruang lingkup, masukan, keluaran sistem pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek


Entity Relationship Diagram
Mengilustrasikan hubungan antar data dalam basis data berdasarkan objek-objek dasar data yang mempunyai hubungan antar relasi pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek

Physical Data Model
Mengilustrasikan implementasi database secara spesifik dari suatu Logical Data Model pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek


Class Diagram
Mengilustrasikan struktur dan deskripsi class serta hubungannya antara class pada fitur Go-Ride di aplikasi Go-Jek


G. Bisnis Model Canvas Gojek

1. VALUE PROPOSITIONS
        • Menyediakan transportasi massal yang berkualitas, mudah serta cepat diakses, dengan harga terjangkau

2. COSTUMER SEGMENTS
        • Pengguna transportasi public
        • Masyarakat pengguna smartphone
        • Penyuka jasa praktis

3. CHANNELS
        • Aplikasi Gojek
        • Iklan billboard
        • Sistem rating
        • E-mail
        • Customer service/call center

4. CUSTOMER RELATIONSHIPS
        • Diskon dan promo
        • Email newsletter
        • Aplikasi kaya fitur

5. KEY ACTIVITIES
        • Manajemen data pengguna
        • Layanan transportasi
        • Layanan mitra
        • Riset dan pengembangan
        • Pemeliharaan dan upgrade server, database, dan aplikasi

6. KEY RESOURCES
        • Google Maps
        • Aplikasi Gojek
        • Infrastruktur server
        • Sumber daya manusia
        • Server, aplikasi, database

7. KEY PARTNERS
        • Perusahaan investor
        • Google/Apple
        • Perusahaan mitra
        • Bank
        • Event
        • Mitra pengemudi roda 2/roda 4
        • Penyedia atribut

8. COST STRUCTURE
        • Bagi hasil dengan mitra driver
        • Penyewaan infrastruktur server
        • Biaya API Google Maps
        • Gaji pegawai kantor
        • Biaya pemeliharaaan dan perbaikan sistem

9. REVENUE STREAMS
        • Pengisian dompet elektronik (Gopay)
        • Pembagian keuntungan mitra
        • Pembagian keuntungan dengan mitra pengemudi

Hal yang menarik dari bisnis model Gojek adalah pada elemen key resources-nya. Gojek tidak memerlukan asset berupa kendaraan, tempat parkir driver. Hal inilah yang membuat harga dari bisnis model Gojek sangat efisien.
Selain itu, elemen channels (penghubung antara user dan penyedia jasa) adalah sebuah aplikasi. Yang mana dapat menghubungkan antar kedua pihak secara lebih cepat, efisien dan tepat sasaran. Hal ini lah yang membuat pengguna Gojek puas dengan layanan aplikasi karena kemudahan yang ditawarkannya.

H. Analisis SWOT dari Gojek


Faktor Internal Perusahaan
1. Strength
Bisnis model sangat efisien
Jumlah driver banyak
Mudah untuk diduplikasi di daerah lain
Membuka banyak lapangan pekerjaan

2. Weakness
Pihak perusahaan punya ketergantungan yang sangat tinggi terhadap driver (pengemudi)
Proses bisnis tidak bisa berjalan tanpa adanya akses internet yang memadai
Faktor Eksternal (di luar perusahaan)
3. Opportunity
Dapat merambah ke sector bisnis lainnya
Mudah menggaet pihak strategis
Akses pasar kepada generasi millennial terbuka lebar

4. Threat
Regulasi hukum belum matang dan bisa berubah kemudian
Adanya segenap masyarakat yang belum adaptif terhadap perubahan

KESIMPULAN

Gojek merupakan sebuh revolusi layanan transportasi kendaraan bermotor roda dua, yaitu ssepeda motor yang berbasis aplikasi yang dapat diunduh dengan menggunakan smartphone. Layanan jasa transportasi yang ditawarkan tidak hanya berupa transportasi bagi pemesan tapi juga berupa jasa antar barang (pengiriman kilat) serta makanaan. Aplikasi yang disediakan oleh Gojek di dalamnya juga menerapkan functional business system yang terbagi dalm lima komponen, yaitu marketing operation, human resource management, finance/accouting dan routing and shipping. Kelima komponen tersebut mengatur seluruh kegiatan di lapangan yaitu jarak tempuh dan jam kerja driver yang nantinya dapat direkap oleh pihak perusahaan secara online.
Penerapan E-Commerce pada PT. Gojek Indonesia telah terintegrasi dengan cukup baik. Hal ini dapat dilihat melalui arsitektur aplikasi perusahaan yang memberikan kerangka kerja konseptual yang menghubungkan antar proses dan interface dari aplikasi E-Commerce, yaitu mulai dari bagaimana konsumen memesan, proses pelayanan, sampai dengan selesainya jasa layanan.
Gojek sangat membantu dalam media transportasi yang sangat dibutuhkan oleh customer. bukan hanya sebagai alat transportasi tetapi juga gojek mempermudah dan memanjakan customer dengan fitur-fitur lainnya.
Gojek mampu memberikan pelayanan yang dijanjikan dengan tepat, dan dapat dipercaya, tepat waktu.



REFERENSI
https://www.gojek.com/about/ https://www.slideshare.net/FarizDS/analisis-kasus-gojekmanajemen-strategi
https://www.slideshare.net/mobile/MaitsaAnggraini/analisis-penerapan-sistem-informasi-pada-pt-gojekindonesia
https://karinov.co.id/analisis-swot-bisnis-model-gojek/
http://student.blog.dinus.ac.id/ericahyaningtias10/2018/04/04/penerapan-e-bisnis-pada-pt-gojek-indonesia/
https://gelegakzaki.wordpress.com/2016/11/27/diagram-dan-analisa-baimana-go-jek-berjalan/

logoblog

Thanks for reading ANALISA E-BISNIS PADA GOJEK

Newest
You are reading the newest post

1 comment:

  1. Analisa E-Bisnis Pada Gojek >>>>> Download Now

    >>>>> Download Full

    Analisa E-Bisnis Pada Gojek >>>>> Download LINK

    >>>>> Download Now

    Analisa E-Bisnis Pada Gojek >>>>> Download Full

    >>>>> Download LINK

    ReplyDelete