Friday, January 4, 2019

MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS

  Tam       Friday, January 4, 2019


Kali ini saya akan membahas tentang membangun kepercayaan, strategi dan teknologi yang digunakan dalam bisnis. Disini saya akan mengambil tempat Kedai Kopi Creamy sebagai tempat studi kasus saya.



KEPERCAYAAN

Membangun kepercayaan dan loyalitas konsumen sama artinya dengan membuat sebuah hubungan, dimana ini bukan hubungan di satu sisi saja namun berdasarkan "give/memberi" dan "take/menerima". Kita harus mampu membuat konsumen merasa nyaman dengan memberikan pelayanan yang baik, dimana konsumen dapat menerima kualitas yang sebanding dengan uang yang mereka keluarkan.

Konsumen yang merasa puas dengan pelayanan kedai kopi kita, atau orang-orang yang sekedar lewat perlu kita buat agar mereka tertarik kepada kedai kopi kita.

Ada 3 poin penting

1. Produk yang baik
Hal pertama agar konsumen merasa puas dan kelak kembali lagi ke kedai kopi kita, adalah kita harus memastikan bahwa kopi yang kita suguhkan benar-benar enak dan berkualitas, baik dalam hal bahan dan persiapan. Mesin-mesin pembuat kopi juga harus kita perhatikan kualitasnya.

2. Pelayanan yang baik
Staf harus sopan, memastikan kebersihan meja dan cangkir, dan jangan lupa senyum! Percaya deh, kalau kita beli lalu dilayani oleh orang yang serius atau muram atau muka judes pasti rasanya gak nyaman.

3. Harga
Sedikit banyak faktor harga adalah salah satu hal penting yang membuat sebuah coffee shop sukses. Tak ada orang yang mau datang untuk secangkir kopi yang harganya melewati standar harga. Dan harga yang terlalu murah akan menimbulkan tanda tanya apakah kopi yang dijual benar-benar berkualitas baik. Maka sebaiknya kita membuat daftar harga dengan melakukan riset dan perhitungan yang tepat. Harga harus yang tak membobol kantong tapi juga tak merugikan kedai kopi itu sendiri. Kalau rasa kopi kita nikmat orang juga takkan peduli masalah harga yang sedikit mahal. Karena kepuasan terkadang tak mengenal rupiah. Asal jangan kelewatan :).

STRATEGI

Kedai Kopi Creamy menawarkan kopi yang sudah diracik dengan apik oleh para baristanya. Mereka menggunakan strategi-strategi berikut untuk menarik para konsumen.

1. Konsumen adalah raja
Kebanyakan kedai kopi besar sekarang kesulitan untuk memberikan pelayanan yang baik, dimana hal ini merupakan keuntungan bagi para pebisnis kecil.

2. Kualitas kopi no.1
Kualitas kopi merupakan alasan utama konsumen membeli kopi kita. Untuk menjaga kualitas kopi agar tetap baik, kita bisa memberikan pelatihan kepada para barista.

3. Lingkungan yang nyaman dan aman
Kedai kopi bukan sekedar tempat untuk beli kopi. Banyak orang datang ke kedai kopi untuk nongkrong, bekerja.

4. Menggunakan sistem persediaan barang yang baik
Hal yang acapkali salah dilakukan oleh para pebisnis kecil adalah mereka terlalu sering overspending/buang-buang uang untuk menyetok supply. Cermati dengan hati-hati dan kita bisa bekerja sama dengan para supplier lokal

5. Program Rutin
Program rutinan merupakan hal yang wajib dimiliki oleh kedai kopi. Kita bisa memberikan program voucher gratis, atau diskon yang bisa menarik perhatian konsumen.


Kedai Kopi Creamy memanfaatkan hal-hal berikut agar banyak konsumen tertarik:

Iklan Promosi
Promo diskon hari besar/libur seringkali memberi suntikan besar pada penjualan. Kupon voucher bekerja sama dengan aplikasi/perusahaan lain juga bisa membantu. Iklan di website dan sosial media juga sangatlah membantu

Digital dan Sosial Media
Promosi event di kedai kopi dan penjualan di sosial media sangatlah membantu. Gunakan sosial media untuk membagikan apa yang ada di kedai kopi agar semakin banyak masyarakat yang mengenal dan akhirnya tertarik dengan kedai kopi kita.


logoblog

Thanks for reading MEMBANGUN KEPERCAYAAN, STRATEGI, DAN TEKNOLOGI DALAM BISNIS

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment