Tuesday, October 23, 2018

ANALISA DOMAIN PADA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

  Tam       Tuesday, October 23, 2018


Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi alamat (IP address) server komputer seperti web server atau email server di internet.
Domain memberikan kemudahan pengguna internet untuk melakukan akses ke server dan memudahkan mengingat server yang dikunjungi dibandingkan harus mengingat sederetan angka-angka IP Address.

Domain memiliki beberapa level, yaitu :
1. Top Level Domain adalah deretan kata dibelakang nama domain seperti
.com (dotcommercial)
.net (dotnetwork)
.org(dotorganization)
.edu(doteducation)
.gov(dotgoverment)
.mil(dotmilitary)
.info (dotinfo)
dll

Ada dua macam Top Level Domain, yaitu Global Top Level Domain (gTLD) dan Country Code Top Level Domain (ccTLD). gTLD adalah seperti yang pada di list diatas dan ccTLD adalah TLD yang diperuntukkan untuk masing-masing negara, seperti Indonesia dengan kode ID (co.id, net.id, or.id, web.id dst) atau Malaysia dengan kode MY (com.my, net.my, dst).

2. Second Level Domain (SLD) adalah nama domain yang anda daftarkan. Misalnya nama domain yang anda daftarkan adalah domainku.com, maka domainku adalah SLD dan .comnya adalah TLD.

3. Third Level Domain adalah nama setelah Second Level Domain . Misalnya nama domain yang anda miliki adalah domainku.com, maka anda dapat menambahkan nama lain sebelum domainku, yaitu mail.domainku.com atau estrex.domainku.com.

Adapun layanan yang menjual third level domain salah satunya adalah enom dengan : .us.com, .br.com, .cn.com, dst. Atau yang gratis seperti co.cc, cz.cc dst.


Di Indonesia domain dibagi menurut kepentingannya, salah satunya adalah domain untuk Perguruan Tinggi yaitu ac.id. Pada postingan ini saya akan menganalisa domain pada "Universitas Nusantara PGRI Kediri"

Domain ID:PANDI-DO3760
Domain Name:UNPKEDIRI.AC.ID
Created On:27-Apr-2010 13:20:59 UTC
Last Updated On:21-Apr-2018 06:57:03 UTC
Expiration Date:29-Apr-2020 23:59:59 UTC
Status:clientTransferProhibited
Status:serverTransferProhibited
=======================================================
Sponsoring Registrar Organization:Digital Registra
Sponsoring Registrar City:Sleman
Sponsoring Registrar Postal Code:55281
Sponsoring Registrar Country:ID
Sponsoring Registrar Phone:0274882257
Sponsoring Registrar Contact 
Name Server:NS4.ZONEEDIT.COM
Name Server:NS19.ZONEEDIT.COM
DNSSEC:Unsigned

Domain yang terdapat dalam Universitas Nusantara PGRI Kediri yaitu seperti di bawah ini
dimana alamat URL nya adalah www = sub domain, unpkediri = nama domain, ac.id = domain. Universitas Nusantara PGRI Kediri memiliki banyak sub domain, yang berkaitan seputar dunia perkuliahan.


Dalam situs www.unpkediri.ac.id terdapat banyak link internal seperti berikut:



Terdapat juga sub domain yang ada di link tersebut seperti pada gambar di bawah ini. Dimana dari URL nya ft = sub domain unpkediri = nama domain, ac.id = domain. Dalam situs ini seseorang dapat mengakses profil fakultas teknik, berita seputar perkuliahan, dll.




Di Universitas Nusantara PGRI Kediri juga terdapat link eksternal, yaitu:



Apabila kita mengklik salah satu link tesebut, misa Facebook, maka kemudian link tersebut akan mengarahkan pengguna menuju situs berikut:



Kesimpulan:

Universitas Nusantara PGRI Kediri berada dalam teknologi server hosting yang cukup handal, teknologinya memiliki layanan yang cukup bagus dan memungkinkan pengguna dapat aktif 24 jam dan kapasitas penampungan yang cukup luas. Selain daya akses yang gesit, situs web Universitas Nusantara PGRI Kediri juga memiliki banyak sub domain, yang berkaitan seputar dunia perkuliahan Universitas Nusantara PGRI Kediri.


REFERENSI:

https://klikhost.com/apa-itu-domain-hosting-dan-website/
logoblog

Thanks for reading ANALISA DOMAIN PADA UNIVERSITAS NUSANTARA PGRI KEDIRI

Previous
« Prev Post

No comments:

Post a Comment